Jumat, 15 April 2016

TIPS Marketing Dalam Kuliner

TIPS Marketing Dalam Dunia Kuliner

Dalam menjalankan Bisnis Kuliner tidak bisa dibilang mudah, apalagi Bisnis Kuliner anda termasuk yang baru, banyak cara dalam mengembangkan bisnnis Kuliner anda. 

Berikut Beberapa tips yang dapat dicoba untuk mengembangkan Bisnis anda dari sisi Marketing;

  • Marketing " Mulut ke Mulut "  

Tips Marketing ini tips marketing tertua dan paling sering dipakai oleh banyak pebisnis di dunia kuliner, Bagian yang amat sangat penting dari Tips ini adalah Jaringan relasi yang baik dan Luas artinya sebelumnya anda memang harus punya banyak teman baik dan Luas pergaulannya, satu teman anda bisa memberitahukan ke relasi nya lagi tentang makanan yang dia coba. Hati-hati dalam menjaga Kualitas dan rasa makanan anda, karena sekali saja kualitas anda turun maka berpengaruh selanjutnya, anda bisa ditinggalkan pelanggan setia anda meski sudah kenal baik. Selain itu Jaga juga hubungan baik dengan pelanggan setia anda dengan memberikan bonus makanan artinya anda memberikan bonus makanan tambahan di makanan yang pelanggan anda beli, misalnya pelanggan anda membeli satu paket Nasi Timbel Ayam Goreng, anda boleh memberikan Bonus ekstra bakwan goreng atau tambahan kerupuk. Bisa juga dari kuantitas pesanan, misalkan 20 pesanan paket Nasi dapat bonus 1 paket Nasi. Promosi ini cukup efektif meski dengan sedikit biaya yang kita korbankan.


  •  Promosi Brosur dan Stiker
Anda bisa menyebar brosur dengan cara yang Smart ; caranya, datangi teman dan relasi anda berikan brosur, datangi instansi pemerintahan atau sekolahan atau perkantoran swasta. Brosur yang disebar haruslah memuat Menu dengan harga, voucher diskon, Gratis Ongkir, dan Alamat Kedai anda.  Didalam brosur yang anda sebar lebih baik ditambahkan juga peta/denah lokasi resto /warung makan anda, karena jika lokasi warung makan anda kurang stategis dan atau tidak populer daerahnya, maka akan memudahkan calon pelanggan anda untuk menemukan resto/warung makan anda. Stiker bisa anda sebar dan tempel di tempat-tempat umum yang bersifat menunggu, seperti di halte bis, toilet umum, angkutan kota dll. Seringnya orang melihat Stiker kita maka akan membuat orang penasaran dan ingin mencoba makanan yang ada di resto kita, sekali dua kali mungkin tidak membuat orang itu langsung ingin mencoba, tapi dengan seringnya orang melihat stiker anda, maka orang akan melangkahkan kakinya dan mencoba makanan anda.

  • Promosi via Media Sosial dan Mobile Gadget
Media Sosial yang sedang booming saat ini bisa anda gunakan untuk promosikan bisnis kuliner anda, tentunya banyak menampilkan menu makanan dengan foto dan penjelasan sederhana yang bisa menggugah selera makan. Jangan sampai lupa mencantumkan alamat anda dan nomor kontak anda dengan harapan ada yang bisa menghubungi anda jika mereka tertarik dengan makanan yang anda "share" di media sosial tersebut. Selalu Update ke media sosial yang anda kelola, dan sempatkan membalas semua komentar yang muncul. Praktek mengelola promo dalam media sosial tergantung dari jenis media sosial nya tersebut, misalnya dengan Twitter, anda bisa memberikan diskon ke customer anda dengan syarat customer anda menunjukan Twit -an tentang makanan yang customer anda makan di resto anda, lakukan pula kerjasama dengan pemilik twiter dengan follower ribuan bahkan ratusan untuk selalu mention resto atau kedai anda. Berbeda lagi dengan Facebook, bisa membuat Fanspage yang bisa memberikan iklan gratis dengan gratis dan detail. Dalam Instagram, anda bisa masuk dalam banyak cara, salahsatunya dengan berkomentar di instagram dengan follower banyak, gunakan Hastag atau tanda pagar selalu untuk ke arah bisnis anda, bisa pula menggunakan tag ke teman anda dalam Instagram. Online Diskon bisa anda lakukan dengan cara bekerjasama dengan website diskon Groupon terkenal, semisal Disdus dan atau LivingSocial.


  • Dekati Komunitas Lingkungan anda
Komunitas di Lingkungan anda adalah aset anda, dekati mereka dengan mengikuti kebutuhan komunitas itu, Misalkan komunitas Arisan, anda bisa sediakan makanan atau bahkan tempat untuk arisan mereka, Komunitas Sekolahan, yang isinya biasanya orangtua murid dan guru, pada saat mereka lakukan Tour sekolah, anda bisa mendapat bagian didalam konsumsi Tour. Selain itu ada banyak komunitas yang bisa anda dekati dengan mengikuti kebutuhan mereka.
  • Ramaikan sendiri Resto anda dengan Uang anda 
Undang puluhan orang untuk "meramaikan" Resto atau Warung Makan anda, caranya bagikan Voucher Diskon besar khusus untuk mereka atau anda bisa juga bagikan Voucher Gratis Makan untuk 1 kali makan untuk menu tertentu, dalam hari tertentu (awal anda buka). Kebanyakan orang berpikir jika suatu warung makan ramai pengunjung maka enak pula makanannya, dan mereka akan penasaran untuk mencoba, harga akan menjadi nomor sekian jika terlihat resto anda ramai pengunjung.
  • Terlibat dalam Event Kuliner
Terlibat dalam Event tertentu di Kota anda adalah salah satu Langkah promosi yang efektif untuk memperkenalkan Resto atau Warung Makan anda, sewalah Both Jualan di event tersebut dan jual makanan anda dengan harga yang lebih murah atau dengan diskon untuk menarik orang mencooba makanan anda, siapkan juga brosur atau kartu nama anda agar jika orang yang mencoba makanan anda memang tertarik dengan makanan anda, maka akan mudah menghubungi anda dan mendatangi resto anda. 

  • Promo Unik 
Lakukan Promosi Unik yang berbeda dari kebanyakan orang. Promosi ini bisa menarik banyak orang untuk selalu datang mencoba menu di resto anda. Berikut saya tampilkan promosi unik dari Resto yang terkenal di Jakarta dan Jogya.

Strategi Marketing ala D'Cost Resto
Tambah Nasi Sepuasnya cuma bayar Nasi Rp. 5.000,- saja.
  • Diskon Umur, semakin banyak umur anda, semakin banyak diskonnya.
  • Diskon Gerombolan, semakin banyak orang yang anda ajak makan maka semakin banyak diskonnya, 
  • Diskon Up To You Price, Makan sepuasnya bayar sesuka hati hanya untuk yang bayar dengan kartu kredit bank yang bekerjasama dengan D'Cost
  • Promo Hamil Baru Bayar / Kawin Gratis, kalo hamil baru bayar, promo untuk calon pengantin dengan budget pas-pas-an, artinya, semua kebutuhan pesta ditanggung D'Cost, untuk bayarnya setelah istrinya hamil dan atau dapat dicicil sesuai kesepakatan.
Strategi Marketing ala Mbah Mo
  • Sebelumnya banyak telepon umum yang menggunakan uang koin atau sering kita sebut uang recehan, nah Mbah Mo sering bagi-bagi uang receh ke keponakannya untuk menelpon radio yang ada di Jogya, untuk request lagu dan titip salam buat Bakmi Mbah Mo yang paling enak sejagad raya, strategi ini murah tapi hasilnya luar biasa karena banyak didengarkan oleh penikmat radio.
  • Mendekati dan berteman dengan supir pribadi pejabat, agar membawa majikannya datang dan menikmati Bakmi Mbah Mo. Dan selanjutnya diharapkan baik supir pejabat atau pun pejabatnya itu sendiri, selalu menceritakan enaknya makan bakmi Mbah Mo.
Strategi Makanan Paling Enak nomor 2

Strategi ini efektif membuat banyak orang penasaran dengan makanan anda, cantumkan tulisan makanan paling enak nomor 2 di Indonesia akan membuat rasa ingin tahu orang lebih besar dibanding menuliskan makanan paling enak nomor 1 di Indonesia.

Strategi Kerjasama dengan Event Organizer

Dengan Stategi ini anda akan mendapatkan 1 kali pukulan dengan hasil yang banyak, karena acara-acara besar seperti nikahan atau meeting besar atau event besar lainnya pastilah membutuhkan konsumsi yang juga banyak. Ikutlah bergabung dengan EO dan buat kesepakatan bisnis dengan mereka dengan bagi hasil yang juga menguntungkan anda.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar